Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

kegiatan pengembangan diri di SMP 3 SIDOARJO

Pengembangan diri, pengembangan sendiri memiliki arti yaitu membangun dan diri yaitu orang seorang secara pribadi. Jadi pengembangan diri dapat diartikan sebagai membangun orang secara pribadi.
Untuk mewujudkan hal tersebut di SMPN 3 Sidoarjo telah memiliki kegiatan pengembangan diri yang diadakan setiap hari Jum’at. Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan di SMPN 3 Sidoarjo terdiri dari Kerohanian, Bimbingan Konseling (B.K.), Kebersihan, dan Senam.
Berikut penjelasan kegiatan-kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan di SMPN 3 Sidoarjo :


1. Kebersihan
Meski kelihatannya sepeleh tapi dari kegiatan ini berguna untuk kebersihan dan keindahan sekolah, supaya para siswa-siswi dapat merasa nyaman dalam kegiatan belajar.
Dan dari kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa saling membantu satu sama lain untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cepat.






2. Bimbingan Konseling (B.K.)
Bimbingan Konseling (B.K.) sendiri memiliki arti yaitu pemberian nasihat atau arahan yang dilakukan oleh ahli kepada orang yang membutuhkan saran atas suatu masalah yang dihadapinya.
Jadi, di SMPN 3 Sidoarjo telah memiliki guru-guru yang siap untuk memberikan sarannya kepada para siswa-siswi yang memiliki masalah baik pribadi maupun umum. Guru tersebut adalah Bu Yas dan Pak Amos.

Kegiatan B.K.

Biasanya setiap hari Jum’at salah satu dari guru tersebut terlebih dahulu menerangkan suatu hal yang berhubungan dengan B.K. contohnya permasalahan tentang kenakalan remaja, Broken Home, dll. Setelah itu menyuruh para siswa-siswi yang kebagian waktu B.K. untuk menuliskan permasalahan yang sedang dihadapinya di lembar kertas, kemudian dikumpulkan di guru tersebut. Dan jika ada yang permasalahannya ingin ditanggapi, dia harus menemui guru tersebut di ruang B.K.



3. Senam
Senam, kegiatan ini diikuti oleh kelas 7-9 yang dilaksanakan di lapangan sekolah pada setiap hari Jum’at , kegiatan ini dipimpin oleh Pak Jarot sebagai pemandu senam.

Pak Jarot



Kegiatan Senam

Kegiatan ini berdurasi sekitar ± 30 menit, dari hal ini berguna untuk menyehatkan tubuh karena kegiatan ini dapat mengeluarkan keringat yang berguna untuk membuat tubuh kita sehat dan bugar.

Nah, itulah pengembangan diri yang ada di sekolah saya SMPN 3 Sidoarjo, dan semua kegiatan tersebut telah memberikan keuntungan yang sangat besar yaitu kita mendapatkan ilmu dari semua kegiatan itu.


4. Kerohanian
Kerohanian sendiri memiliki arti yaitu berkenaan dengan jiwa (roh). Maksudnya kegiatan ini itu untuk memperbaiki jiwa (roh) yang telah rusak atau untuk mempertahankan jiwa supaya dapat berjalan di jalan yang benar.
Nah, ini adalah kegiatan pengembangan diri yang paling penting dan harus diikuti siswa-siswi di SMPN 3 Sidoarjo, karena kegiatan ini mengajarkan kita supaya kita dapat lebih dekat kepada Allah SWT. Dan kita mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari-Nya, agar kita terjauh dari larangan-Nya dan kita dapat mematuhi segala perintah-Nya.


Kegiatan Kerohanian
Kerohanian di SMPN 3 Sidoarjo, selalu dimulai dengan sholat dhuha terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ceramah-ceramah dan berdoa bersama dari guru-guru agama islam, yaitu Pak Halim, Bu Yuzakiyah, dan Pak Kharis.supaya kita dapat memetik suatu hal yang berguna dari ceramah tersebut untuk memperbaiki diri kita, supaya lebih baik dari sebelumnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar